twitter



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yth. Bapak Bastomi, S.Pd serta teman-teman yang saya sayangi.

Puji syukur kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga di pagi yang cerah ini kita masih diberikan nikmat dan kesehatan untuk melihat dunia ini.

Hadirin yang berbahagia,
Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan topik yang berkenaan dengan lingkungan sekitar kita, yakni pergaulan bebas. Semakin hari, zaman berkembang kian pesat. Sayangnya, perkembangan zaman ini turut mengubah pola dan gaya hidup remaja ke arah negatif. Perkembangan zaman semakin dibarengi dengan merajalelanya kemaksiatan.
Pergaulan bebas dan perilaku menyimpang pun seolah telah menemukan kewajarannya. Padahal, hal ini merupakan cermin ketragisan sebuah zaman. Para remaja menganggap pergaulan bebas sebagai gaya hidup atau bagian dari pergaulan. Remaja tidak menyadari bahwa masa remaja adalah masa yang paling rentan. Dimana masa remaja itu merupakan proses menuju kedewasaan. Seperti yang kita ketahui bahwa pergaulan bebas berdampak negatif bagi seorang anak. Contoh : “Jika seorang anak kecelakaan, maka anak tersebut akan dikucilkan dan bahkan enggan disenangi orang.”
                   
Hadirin yang berbahagia,
Pemicu pergaulan bebas yaitu tersedianya fasilitas tempat-tempat hiburan malam serta teknologi yang canggih. Namun, kita bisa melakukan pencegahan sejak dini. Salah satu caranya yaitu memberikan pengetahuan mengenai dampak buruknya pergaulan bebas.
Peran orangtua juga sangat penting. Orangtua harus memberikan wejangan dan orangtua harus ketat. Karena, jika orangtua tidak mau memberikan wejangan, hal inilah yang merupakan langkah awal anak untuk terjun ke dalam dunia pergaulan bebas. Selain peran orangtua yang tak kalah penting, pendidikan dan pengetahuan tentang agama juga menjadi landasan utama pengontrol perilaku seseorang.

Hadirin yang berbahagia,
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Saya mohon maaf jika kata-kata yang saya sampaikan kurang berkenan dihati bapak dan teman-teman semua.

Akhir kata wassalamu’alaikum Wr. Wb.
         


0 komentar:

Posting Komentar